Sabtu, 01 Desember 2012

Maher Zain


Maher Zain (lahir di Tripoli, Lebanon, 16 Maret 1981; umur 31 tahun) adalah penyanyi R&B Swedia, penulis lagu dan produser musik asal Lebanon. Dia juga tinggal untuk sementara di Amerika Serikat. Album debutnya Thank You Allah, dengan 13 lagu dan dua lagu bonus dirilis pada 1 November 2009, dengan Versi Perkusi eksklusif dan Versi Perancis dirilis tak lama kemudian. Dia bernyanyi terutama dalambahasa Inggris, namun juga, antara lain, dalam bahasa Perancis, Arab, Urdu, Turki,Melayu, dan Indonesia .

Kehidupan awal
Keluarganya pindah ke Swedia ketika Maher masih umur delapan tahun, disana ia melanjutkan pendidikannya. Maher mendapat keyboard pertama ketika ia berusia sepuluh tahun. Ia kemudian masuk Universitas dan mendapat gelar sarjana dalam Aeronautical Engineering. Selama masa remajanya, ia senang menghabiskan larut malam di sekolah dengan teman-temannya di mana mereka akan bernyanyi, rap, menulis dan bereksperimen dengan musik.
2008: Keterlibatan dengan RedOne
Setelah terlibat untuk sementara waktu di kancah musik sebagai produser musik, Maher diperkenalkan ke RedOne, produser musik Swedia Kelahiran Maroko di Swedia. Maher mulai bekerja dengan RedOne pada beberapa proyek-proyek yang terakhir. Kemudian, ia pindah ke New York di mana ia mengambil bagian dalam memproduksi Kat DeLuna pada album debutnya termasuk hits "mengeluh" dan "menjalankan pertunjukan". Ia kemudian kembali untuk sementara ke Swedia di mana dia punya rohani 'kebangkitan'.




2009-2010: Puncak kesuksessan & Thank You Allah

Pada Januari 2009, Maher Zain mendaftar dan mulai bekerja pada album dengan Awakening Records. Album ini memuncak di nomor 2 di Amazon Album dunia grafik. Melalui album ini, ia memperoleh 8 X platinum pada Malaysia dengan penjualan 120.000 unit. Setelah merilis album ini, dia merilis beberapa versi lain dari album, yang versi perkusi pada 2009 dan Platinum Edition pada 2011.
2011-sekarang: masa depan rencana dan album studio mendatang
Maher Zain mengumumkan bahwa ia telah merilis versi bahasa Indonesia untuk "Insya Allah", setelah merilis versi bahasa Perancis dan Arab bersama dengan video, sambil menambahkan bahwa itu akan menjadi lagu di album kedua.
Fadly dari band Indonesia PADI juga berkontribusi terhadap "Insya Allah" dalam Bahasa Indonesia. Maher juga menyanyikan "For The Rest of My Life" dalam bahasa Indonesia berjudul "sepanjang hidup". Yang dirilis melaluiSony Music Indonesia.
Video musik lain dari Maher dirilis berjudul 'Freedom' pada akhir April.
Diskografi


Thank You Allah adalah album studio pertama oleh Penyanyi Muslim yang berasal dariSwediaMaher Zain. Album ini diluncurkan pada tanggal 1 November 2011 oleh Awakening Records, dengan 13 lagu dan 2 lagu tambahan. Album perdana Maher didampingi dengan tiga singel, yang masing-masing memiliki video klip tersendiri. Album ini sendiri telah meraih delapan rekor penjualan platinum di Malaysia. Maher menciptakan album ini bersama dengan seorang produser terkemuka dari Swedia, Bilal Hajji, yang juga menulis lagu untuk UsherMore dan lagu untuk Jennifer Lopez yang berjudul On the Floor.
Pada September 2011, Zain dinominasikan di Anugrah Industri Musik ke-18, sebuah upacara penghargaan musik nasional Malaysia. Ia dinominasikan di kategori Artis Luar Negeri untuk single-nya, Insha Allah (versi Melayu). Kesuksesan lagu tersebut di Malaysia membuatnya dinominasikan dalam kategori Lagu Bahasa Melayu Terbaik oleh Artis Luar Negeri.
Video klip
§  Video klip pertama, Palestine Will Be Free, dirilis pada 1 Agustus 2009. Video ini adalah sebuah animasi untuk perdamaian Palestina dan juga video animasi pertama oleh seorang artis Muslim. Video ini menampilkan kisah seorang gadis Palestina yang pemberani. Sejak rilis resmi, video ini telah ditonton oleh 2,6 juta orang di YouTube. Video ini disutradarai oleh Andrew Morgan dari Chase Animation.
§  Video klip Insha Allah dirilis pada 1 Mei 2010. Awakening Records memproduksinya dalam empat bahasa, bahasa Inggris dipakai di video resmi. Awakening lalu merilis klip versi ArabPerancis dan Turki, menghimpun 20 juta orang yang menonton di YouTube. Disutradarai oleh Mike Harris dan menampilkan Serena Williams. Klip ini juga menampilkan versi Melayu. Versi lain meampilkan Fadly Padi dari grup band Indonesia,Padi, dirilis pada 15 Juni 2011. Video ini direkam saat konser Maher di Malaysia, ketika Maher memperkenalkan lagu tersebut kepada fansnya. Fadly menyanyikan sebagian lirik dalam bahasa Indonesia, sementara Maher menyanyikan lirik berbahasa Inggris.
§  Klip The Chosen One dirilis pada 1 Agustus 2010. Klip ini dipersembahkan sebagai penghormatan kepada Nabi Muhammad, dan telah menerima 7 juta orang pemirsa di YouTube, dan disutradarai Lena Khan.
§  Video Ya Nabi Salam Alayka dirilis pada awal Ramadhan 2011, setelah Maher mengumumkannya di video promosi pada 28 Juli 2011. Video tersebut dirilis pada 13 Agustus 2011 dan disutradarai Hamza Jamjoum. Juga tersedia versi Arab dan Turki.
§  Video For The Rest of My Life dirilis pada 27 September 2011.
[sunting]Daftar lagu
No.
Judul
Pencipta
Durasi
1.
"Always Be There"  
Maher Zain, Bilal Hajji
4:26
2.
"Ya Nabi Salam Alayka"  

4:59
3.
"Insha Allah"  
Maher Zain, Hamza Namira, Bara Kherigi
4:26
4.
"Palestine Will Be Free"  
Maher Zain, Hamza Namira, Bara Kherigi
4:55
5.
"Thank You Allah"  
Maher Zain, Bara Kherigi
5:30
6.
"Allah Hi Allah Kiya Karo" (featuring Irfan Makki)

5:14
7.
"The Chosen One"  
Maher Zain, Bara Kherigi
3:54
8.
"Baraka Allahu Lakuma"  
Maher Zain, Hamza Namira, Bara Kherigi
4:30
9.
"For The Rest Of My Life"  
Maher Zain, Charbel Amso, Abou-Daniell, Bara Kherigi
3:54
10.
"Hold My Hand"  
Maher Zain, Bilal Hajji
4:06
11.
"Awaken"  
Maher Zain, Suzy Kanoo
3:43
12.
"Subhan Allah" (featuring Mesut Kurtis)

4:54
13.
"Open Your Eyes"  

4:26

Bonus Tracks
No.
Judul
Durasi
14.
"Ya Nabi [Arabic Version]"  
4:59
15.
"Thank You Allah [Acoustic Version]"  
5:28








Forgive Me adalah album studio musik kedua, dari penyanyi Swedia Muslim, Maher Zain, yang dirilis pada tanggal 2 April 2012 dibawah label musik Awakening Records.
Video klip
§  Video klip pertama dari album ini dinamakan 'Freedom'. Dirilis 27 Maret 2011 oleh seorang direktur Malaysia, Mohd Hafizi bin Mat Khalib. Video klip tersebut direkam pada 25 dan 26 Februari 2011 di Stadion MalawatiMalaysia.
§  Video klip kedua, adalah 'Number One For Me'. Dirilis 15 Maret 2012. Disutradarai oleh Mike Harris, yang sebelumnya menyutradarai 'Insha Allah' di album Thank You Allah. Video ini dirilis lebih dulu di iTunes pada 13 Maret 2012. Peran di video ini termasuk aktor cilik Massimo Loretti.
§  Video klip ketiga dinamai 'So Soon', dirilis 3 Juni 2012. Sekali lagi disutradarai Mike Harris.
Daftar lagu
Dirilis melalui iTunes pada tanggal 2 April 2012
No.
Judul
Pencipta
Durasi
1.
"I Love You So"  

4:35
2.
"Number One For Me"  
Maher Zain, Bilal Hajji & Nano Omar
4:19
3.
"Maulaya"  

4:52
4.
"My Little Girl" (featuring Aya Zain)

4:33
5.
"Forgive Me"  

3:52
6.
"One Big Family"  

4:06
7.
"Assalamu Alayka"  

4:13
8.
"Paradise"  

4:06
9.
"Masha Allah"  

3:59
10.
"Radhitu Billahi Rabba"  

4:56
11.
"Freedom"  
Maher Zain
3:42
12.
"So Soon"  

5:09
13.
"Muhammad"  

4:37
14.
"Guide Me All The Way"  

5:02

Bonus
No.
Judul
Durasi
14.
"Maulaya (versi Bahasa Arab)"  
4:53
15.
"Assalamu Alayka (versi Bahasa Arab)"  
4:14
16.
"Radhitu Billahi Rabba (versi Bahasa Arab)"  
4:59


Bonus edisi Indonesia

No.
Judul
Durasi
1.
"Ku MilikMu"  

2.
"Tuntunku PadaMu"  

Penghargaan
Pada Januari 2010, Maher Zain memenangkan lagu terbaik tahun 2009 untuk 'Ya Nabi Salam Alayka', Nujoom FM, stasiun arus utama musik terbesar di Timur Tengah. Ia mengalahkan lain atas penyanyi grafik yang termasuk tapi tidak terbatas untuk Hussein Al-JismiMohammed Mounir dan Sami Yusuf.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar